Pages

cara memelihara kunang kunang

Friday 9 January 2015
assalamu'alaikum wr.wb
hello smua . .
nah ini posting pertama ku . . .
pada post pertama ini saya akan membagi sedikit informasi nih.  ..
reader smua pasti tau ini binatang apa . .. 
kunang kunang . . 
tepat sekali . .  .!
pada posting ini saya akan menjelaskan secara singkat tentang kunang kunang, dan bagi yang hobi memelihara kunang kunang kunang disini juga ada dijelaskan :)
langsung saja masuk ke pokok pembahasan kita . . 
Kunang Kunang
                Kunang kunang adalah sejenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat pada malam hari. Nah cahaya pada kunang kunang tidak seperti cahaya bola lampukenapa tidak? Bola lampu yang digunakan manusia pada umumnya hanya mampu mengubah 5% dari energy yang diterimanya menjadi cahaya, sedangkan 95%nya lagi akan terbuang dalam bentuk panas,, apabila kita menyentuh bohlamnya maka tangan kita terasa seperti terbakar,tapi kenapa kunang kunang berbeda? Meskipun kunang kunag menghasilkan cahaya hampir 20 kali lebih besar dari bola lampu, suhu kunang kunang tidak naik karena cahaya pada kunang kunang dihasilkan oleh “sinar dingin” yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar imframerah.
                Kunang kunang memiliki panjang 510-670 nanometer dengan warna merah pucat, kuning, atau hijau, dengan efiesiensi sinar sampai 96%, kunang kunang termasuk kedalam golongan lampyridae yang merupakan family dalam ordo kumbang coleoptera. Ada lebih dari 2000 spesies kunang kunang yang dapat ditemukan di 4 musim dan tropis di seluruh dunia , kunang kunang sering ditemukan dirawa atau hutan yang basah dimana tersedia banyak persedian makanan untuk larvanya.
                kunang kunang yang saling memancarkan sinarnya untuk memberi tanda kawin, menggnakan ppanjang gelombang yang berbeda tergantung spesies. Pada beberapa spesies, kunang kunang jantan yang mula mula memanggil sementara pada spesies lainnya kunang kunang betlina yang memanggil. Sebagain kunang kunang menggunanakan sinarnya untuk mempertahankan diri, dari musuh dan memberitahukan kepada musuh mereka bahwa mereka bukan makanan yang lezat, juga sebagai peringatan antar sesame terhadap bahaya yang mengancam. Bagi kunang kunang kelompok photuris, cahaya mereka juga digunakan untuk pemburuan. Betina jenis ini dapat meniru kerlipan sinyal cahaya yang digunakan betina lainnya. Dengan sinyal palsu ini dapat menjebak photuris jantan dan dimakan oleh photuris betina.
Jika para reader ingin memelihara kunang kunang anda boleh lihat cara cara dan apa aja yang dibutuhkan dibawah ini.
Jenis makanan
                Makanan kunang kunang adalah cacing, cairan tumbuhan, siput siputan kecil, & serangga lainnya.
Cara pemeliharaan
                Jika anda ingin memelihara kunang kunang sebaiknya menyiapkan tempat yang berdesain hampir sama habitat aslinya, tak seluas habitatnaya, yang penting kunang kunang nyaman, dan makanannya dapat diambil dari alam sekitar kita.
Reproduksi kunang kunang

                Setelah menikah, kunang kunang bertelur pada saat hari gelap, telurnya berjumlah antara 100-500 butir diletakkan ditanah, ranting, rumput ditempat berlemut atau dibawah dedaunan. Setelah sekitar 30 hari, akhirnya telur-telur itu menetas sebagai larva, masa larva ini sekitar 1-2 hari sebelum jadi kepompong, berlangsung sekitar 10 hari, dan keluar sebagai kunang kunang dewasa hidup selama 2-3 minggu, untuk melakukan perkawinan.

29 comments:

  1. Dimana bisa dapat kunang-kunang, saya pengen membiakan dirumah apa bisa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh minta no yg bisa dihub ga saya pengen beli kalo boleh

      Delete
    2. Saya ada kunang" Monggo lanjut WA bagi yang serius 081252190695

      Delete
    3. Saya juga jual kunang kunang spek lengkap minat pm saya , stok berlimpah suwun

      Delete
  2. Bandung ada, kemarin saya nemu puluhan, dan nyoba di budidaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kepengen nyoba budidaya kunang kunang. Boleh sharing info ke yunitanoor6@gmail.com? Tq

      Delete
    2. Boleh share...sy sedang hobby taman dan buat kolam alami..sy minat dg kunang2..kl bisa jual hub sy di benyamenachristo@gmail.com
      Tks

      Delete
    3. lokasi dmn? boleh info.. di nbamumin92@gmail.com
      minat budidaya juga

      Delete
  3. Mas, ajarin dong cara budidaya kunang"... saya ingin sekali mencoba. Supaya ponakan saya tahu apa itu serangga yg bisa nyala di malam hari. Yang berhasil budidaya tolong ajarakan via email satriayudhasamudra@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Amazing yaaa, thanks 4 U'r informations

    ReplyDelete
  5. Yang ada kontak untuk beli atau tangkap kunang2 bisa email saya di bernadus_dhimas@yahoo.com terima kasih.

    ReplyDelete
  6. terimakasih mas ...
    Tengok juga pencarigolds.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  7. Saya Nemu cuma 1 gan ...itupun di Madura ...
    Mau ane bawa pulang ke Jember..g mungkin kayaknya ..kasian keburu mati dijalan ...

    ReplyDelete
  8. Saya Nemu cuma 1 gan ...itupun di Madura ...
    Mau ane bawa pulang ke Jember..g mungkin kayaknya ..kasian keburu mati dijalan ...

    ReplyDelete
  9. Daerah pinggiran Ubud sangat buanyak kunang2, dulu dianggap hama, sekarang dijadikan obyek pariwisata.

    ReplyDelete
  10. bisa di share kah, hasil dari perkembanbiakannya ?

    ReplyDelete
  11. Boleh tau di bdg dimana yg ternak kunang kunang ke igosomantri01@gmail.com

    ReplyDelete
  12. Barusan anak saya nemu seekor dipinggir sawah,mau dilepas aja kasihan takut mati coz gk bisa ngerawatx..

    ReplyDelete
  13. bisa minta hasil budi daya nya dong kalo ada saya mau budidaya buat di rumah ni tolong share ya fathural011@gmail.com , kalamau di jual juga asal harga sesuai saya beli

    ReplyDelete
  14. Kalo ada yang budidaya kunang-kunang, bisa email ya ke irmadestri10@gmail.com saya butuh 60ekor kunangkukunan hidup nih

    ReplyDelete
  15. Tempat sya banyak kunang.minat wa.089650080062.

    ReplyDelete
  16. Kunang kunang bukan hewan piaraan gan, karena jangka hidupnya yg pendek

    ReplyDelete
  17. Kalaupun di jual ,harga satuan sampe brp

    ReplyDelete